Tarian Indonesia Yang Hampir Punah

Tarian Indonesia Yang Hampir Punah -Indonesia sebagai salah satu negara dengan kebudayaannya yang beragam, memiliki beragam kesenian. Salah satunya ialah seni tari, namun sayang banyak sekali tari tradisional Indonesia yang terancam punah. Mau tahu seperti apa seni tari tersebut, simak yang berikut ini ya,

1. Tari cokek
Kesenian Betawi yang satu ini sudah nyaris punah, perpaduan antara etnis betawi, banten, dan cina. Lahir di Tangerang pada awal abad ke 19, dimainkan oleh 3-7 orang baik wanita maupun pria. Pakaian yang dikenakan warnanya sangat mencolok dan meriah, saat menarikannya diiringi dengan alat musik gambang kromong.
tari cokek

2. Tari topeng malangan
Sama dengan tari cokek, tari topeng malangan makin hari makin sedikit peminatnya. Tari topeng ini merupakan perpaduan antara budaya jawa tengah, jawa barat, dan jawa timur. Gerakan dan alunan musiknya sangat dinamis, biasa dipakai sebagai tarian pembuka.
 

3. Tari dalling
Tarian selamat datang milik suku Bajau, kalimantan timur ini keadaannya sudah sangat kritis. Tarian ini sudah jarang dipentaskan di masyarakat, walau banyak yang mengetahui tentang tarian ini. Kalau tidak ada regenerasi, maka dalam waktu singkat maka tari dalling akan punah.
tari dalling

4. Tari saman gayo
Siapa yang tak kenal dengan tari saman? Tapi tunggu dulu, tarian yang sangat terkenal ini sebenarnya adalah versi modern yang dimainkan oleh pria dan wanita. Sedang versi asli/tradisional yang sudah ada sejak abad ke 13 ini sedang mengalami masa kritis menuju kepunahannnya. Hanya sedikit orang yang tahu benar tari saman yang asli.
tari saman gayo

5. Tari lesung
Beasal dari banten, sesuai dengan namanya tarian ini menggunakan lesung sebagai alat musiknya. Dipakai saat sedangan perayaan panen, bisa dibilang terancam punah karena kalau dulu yang memainkan anak-anak, kini yang memainkannya adalah orang tua. Artinya jika orang tua itu meninggal maka budaya ini ikut punah. 
tari lesung

Selain 5 tarian di atas, masih ada ratusan tarian yang nyaris punah. Bahkan sudah ada puluhan tarian yang sudah punah. Semoga muda mudi Indonesia generasi terkini sanggup untuk terus melestarikan tarian ini dan budaya tradisional Indonesia lainnya, amin.


Terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul Tarian Indonesia Yang Hampir Punah, semoga bermanfaat.


Katherina Phillips
Art AjaibUpdated: 12:40 PM

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, sekarang giliran anda berpendapat
mengenai ulasan artikel diatas

Popular Posts

Recent Posts

Powered by Blogger.
Back To Top