Kesenian Zaman Batu Besar

Kesenian Zaman Batu Besar -Zaman batu besar (megalitikum) menghasilkan banyak sekali kesenian, yang dihasilkan umumnya berukuran besar dan terbuat dari batu. Biasanya kesenian megalitikum dipakai sebagai tempat melakukan ritual, oleh karena itu zaman megalithikum disebut juga zaman religius. Dibawah ini adalah hasil-hasil kesenian zaman megalithikum:


1. Punden berundak
Sesuai namanya, bangunan ini berundak-undak (bertingkat-tingkat). Terbuat dari batu, difungsikan sebagai pemujaan terhadap arwah nenek moyang.
punden berundak

2. Menhir
Disebut juga tugu batu, dipakai sebagai batu peringatan yang berhubungan dengan pemujaan terhadap arwah nenek moyang. 
menhir

3. Dolmen
Atau disebut juga meja batu digunakan sebagai tempat meletakkan sesaji di bagian atas, sedangkan dibagian bawah dipakai sebagai kuburan. 
dolmen

4. Sarkofagus
Ialah peti mati yang terbuat dari batu, sarkofagus terbuat dari sebongkah batu besar yang tengahnya dibuat lubang sebesar mayat, lalu diberi tutup. 
Sarkofagus

5. Peti kubur
Sesuai namanya, peti kubur juga berfungsi sebagai tempat persemayaman. Bedanya dengan sarkofagus adalah, jika sarkofagus dibuat dari sebongkah batu, kalau peti kubur dibuat dari 4 lempeng batu yang disatukan menjadi persegi panjang.
peti kubur

6. Arca batu
Arca yang terbuat dari batu ini, dibentuk menjadi bermacam macam bentuk manusia maupun hewan. Arca batu juga dipakai sebagai alat ritual di masa megalitikum.
Arca batu

Selain itu, masih banyak lagi peninggalan-peninggalan lainnya yang tidak kalah luar biasanya. Perlu dicatat, bahwa peninggalan zaman megalitikum tersebar hampir di seluruh dunia.


Terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul Kesenian Zaman Batu Besar, semoga bermanfaat.


Katherina Phillips
Art AjaibUpdated: 12:56 PM

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, sekarang giliran anda berpendapat
mengenai ulasan artikel diatas

Popular Posts

Recent Posts

Powered by Blogger.
Back To Top