Kerajinan Tangan dari Janur

Kerajinan Tangan dari Janur -Janur atau daun kelapa biasanya dijadikan hiasan di daerah Jawa, biasanya saat sedang ada acara sunatan, pernikahan, dll. Butuh keuletan dalam membuat dekorasi dari janur ini, alat yang dibutuhkan untuk membuat dekorasi ini adalah pisau, steples dan isinya, jarum pentul, benang kasur, paku, gedebog pisang, bokor, dan tentu saja janur. Umumnya ada 3 macam bentuk kreasi dari janur, yaitu:

1. Kembar mayang
Biasa dipakai saat acara pernikahan, kembar mayang dibuat 2 buah. Melambangkan bahwa sepasang penganting itu harus sama perasaan, hati, dan kehendaknya. Bagian-bagian kembar mayang adalah tatakan, awak, dan mahkota.
Kembar mayang

2. Mayang sari
Mayang sari umumnya ditempatkan di samping kanan dan kiri kursi pelaminan. Ciri khasnya adalah tinggi sekitar 180 cm, berjumlah dua, bisa kembar ataupun tidak, dan biasanya di bagian atas diberi hiasan buah atau bunga. Bagian-bagian dari mayang sari adalah mahkota, bagian atas, bagian bawah, dan tatakan.
Mayang sari

3. Penjor
Penjor biasa dipasang di depan rumah atau gang masuk menuju tempat resepsi, penjor menandakan bahwa sedang ada acara persepsi di lokasi itu. Cara membuat penjor hampir sama dengan kembar mayang dan mayang sari, hanya saja penjor dibuat pada sebilah bambu.
penjor

Dekorasi janur ini memang unik, tidak ada di negara lain. Meski sepele namun harus tetap dilestarikan, kalau tidak bisa-bisa diklaim oleh negara lain, oleh karena itu marilah melestarikan budaya kita mulai dari kecil.

Terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul Kerajinan Tangan dari Janur, semoga bermanfaat.




Katherina Phillips
Art AjaibUpdated: 1:33 PM

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, sekarang giliran anda berpendapat
mengenai ulasan artikel diatas

Popular Posts

Recent Posts

Powered by Blogger.
Back To Top