Asal Usul Perhiasan

Asal Usul Perhiasan -Perhiasan lazimnya digunakan oleh kaum hawa guna mempercantik dirinya, namun sesungguhnya sejak dahulu pria juga mengenakannya walau tidak terlalu rumit. Berikut adalah macam-macam perhiasan dan sejarah nya dari zaman ke zaman yang fungsinya tidak hanyak sebagai aksesoris.


Gelang 
Zaman dahulu orang mesir menggunakan gelang untuk perlengkapan ritual yang sangat penting dan sakral. Di Asia dan Eropa gelang digunakan sebagai pembawa keberuntungan. Sedangkan di Amerika Latin gelang dipakaikan di bayi untuk melindungi dari roh jahat. 

gelang

Anting-anting
Di banyak negara, anting-anting digunakan sejak dulu dengan fungsi yang berbeda di tiap negara. Di Romawi kuno, hanya budak lah yang diharuskan memakai anting-anting. Bajak laut mengenakannya supaya selalu dilindungi dewa. Wanita rusia memberikan anting-anting ke suaminya sebelum berperang supaya selamat dalam peperangan. 
Anting-anting

Kalung
Kalung ternyata sudah dipakai sekitar 40000 SM, waktu itu orang menggunakannya sebagai perhiasan, bahan-bahannya umumnya berasal dari tulang dan kulit. Tentara Amerika juga mengenakan kalung yang dijuluki dog tags, berfungsi sebagai tanda pengenal.
kalung indiana

Cincin
Cincin sudah ada sejak zaman mesir kuno sebagai perhiasan para bangsawan. Orang Irlandia memakai cincin claddagh sebagai perlambang masih jomblo. Di Roma ada cincin yang digunakan sebagai simbolisasi religius. Di Amerika ada juga cincin khusus yang dikenakan sebagai tanda bahwa masih perawan.
cincin mesir

Jepit rambut
Zaman prasejarah, wanita menggunakan tulang sebagai jepit rambut. Lalu di zaman yunani kuno, wanita memakai pita untuk merapikan rambutnya. Tahun 1901 ditemukan jepit rambut berbentuk spiral di New Zealand, sejak itu jepit rambut mulai bermunculan dengan bermacam bentuk.
jepit rambut

Terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul Asal Usul Perhiasan, semoga bermanfaat.


Katherina Phillips
Art AjaibUpdated: 3:52 PM

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, sekarang giliran anda berpendapat
mengenai ulasan artikel diatas

Popular Posts

Recent Posts

Powered by Blogger.
Back To Top