Peninggalan Misterius Dunia

Peninggalan Misterius Dunia -Mungkin ketika membaca judul ini, yang ada dipikiran kita adalah Atlantis. Tunggu dulu! Selain itu masih banyak peninggalan misterius yang belum tentu bisa dibuat oleh orang masa kini, seperti:

1. Pumapunku
Terletak di Bolivia, dibangun pada abad ke 5 M. Pumapunku menjadi satu dari sekian banyak bangunan raksasa yang cara pembuatannya sangat misterius.
pumapunku
Bila dilihat sekilas, nampak hanya seperti sekumpulan batu kotak yang tersusun secara acak. Namun, sebenarnya itu adalah sisa reruntuhannya, cara membuat bangunan ini ialah dengan menyusun layaknya lego, tanpa menggunakan semen. Lihat di gambar, terdapat seperti pahatan berbentuk kotak yang timbul ke dalam di batu itu, hal itu mustahil untuk dilakukan warga setempat yang dipercaya belum mengenal tulisan, gerobak, serta pekerjaannya adalah berburu.

2. Easter Island
Atau bisa disebut pulau pulau paskah, di sini terdapat banyak sekali patung yang disebut moai. Patung ini dibuat untuk melengkapi ritual penyembahan mereka, dengan berat rata-rata 74 ton. Perlu dicatat patung kepala ini sesungguhnya juga memiliki bagian tubuh lengkap, namun seiring waktu maka tubuhnya pun tertimbun tanah.
easter island
Patung moai dibuat sejak abad ke 4 M, untuk cara pembuatannya masih sangat misterius. Spekulasi pun muncul dari kalangan ahli, tetap saja semuanya tidak dapat membuktikan teorinya. Pulau paskah yang masuk dalam negara chili, dinamakan paskah karena ditemukan saat perayaan paskah tahun 1722 oleh Roggeveen.

3. Gobekli Tape
Dibangun 10000 SM, menjadikan tempat ini sebagai tempat peribadatan pertama di dunia. Terlatak di selatan turki, tersusun dari batuan-batuan yang berbentuk "T" dan diukir serta disusun melingkar. 
File:Göbekli Tepe, Urfa.jpg
Selain bentuk "T", ada pula yang bentuknya persegi panjang. Sama dengan pumapunku, gobekli tape juga didirikan oleh kelompok pemburu. Bangunan ini masih menjadi misteri dunia karena di zaman itu, mustahil bagi orang-orang purba untuk mendirikan bangunan yang sangat megah dengan peralatan yang sederhana.

4. Stonehenge
Siapa yang tidak kenal bangunan ini? Kalaupun tidak, pasti pernah melihatnya walau hanya satu kali. Terletak di Wiltshire, Inggris. Dibangun 2500 SM, hingga kini tidak ada yang tahu fungsi bangunan ini. Ada yang bilang sebagai tempat pemujaan, dsb. 
stonehenge
Bangunan ini dususun melingkar di tengah-tengah padang rumput yang hijau. Jenis batu yang dipakai untuk membangun, terletak ribuan kilometer dari tempat didirikannya, spekulasi pun lagi-lagi muncul. 

Mengapa disebut misterius? Karena cara pembangunannya yang tidak pernah diketahui dunia, selain itu orang-orang yang membangunnya dianggap masih belum memilik peradaban yang tinggi. Namun, biarlah misteri tetap menjadi misteri, tanpa misteri dunia akan terasa hampa.


Terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul Peninggalan Misterius Dunia, semoga bermanfaat.


Katherina Phillips
Art AjaibUpdated: 7:32 AM

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, sekarang giliran anda berpendapat
mengenai ulasan artikel diatas

Popular Posts

Recent Posts

Powered by Blogger.
Back To Top