Mengenal Batik Khas Semarangan

Mengenal Batik Khas Semarangan -Halo kawanku semua, dulu saya sempat membahas tentang batik papua. Kali ini yang akan bahas adalah batik semarangan khas daerah tempat saya tinggal. Batik yang satu ini dulu sempat populer, namun karena ada kebakaran di sentra batiknya maka batik yang satu ini turun pamornya ketimbang batik lainnya seperti batik Solo. Seperti apakah wujud batik ini, langsung simak saja ya.



Motif batik Semarangan terinspirasi dari daerah asalnya sendiri, Semarang, Jawa Tengah. Ada banyak sekali motif batik semarangan, dan beberapa di antaranya akan saya bahas,

1. Motif asem
Fyi nih kawan. Semarang berasal dari kata "asem" dan "arang". Dahulu pohon asem banyak tumbuh di Semarang, tapi sekarang sudah jarang. Nah, asem inilah yang jadi ciri utama batik semarangan. Mulai dari asemnya, bunga, hingga daunnya tak luput menjadi motif batik ini.
 
Dari kiri ke kanan, asem, motif asem.

2. Motif tugu muda dan lawang sewu
Dahulu, pernah terjadi perang 5 hari di Semarang pada 15 Oktober-20 Oktober 1945 di tempat yang sekarang didirikan tugu muda untuk mengenang jasa pahlawan Semarang yang melawan tentara Jepang. Nah, di sekitar tugu muda ada juga lawang sewu, bangunan bersejarah ini juga sering dijadikan motif batik semarangan

Dari kiri ke kanan, tugu muda dan lawang sewu, motif tugu muda, motif lawang sewu.

3. Motif warak ngendhog
Setiap menjelang bulan puasa, pasti kalian akan menemukan yang namanya dugderan. Nah di dalam dugderan ini, kalian bisa menemukan yang namanya warak ngendhog. Warak ngendhog adalah patung campuran antara naga, kambing, dan buraq. Warak ngendhog hanya bisa kalian temukan di Semarang saat event tertentu saja.

Dari kiri ke kanan, warak ngendhog, motif warak ngendhog.

Selain itu masih ada banyak lagi motif batik semarangan seperti motif gereja blenduk, bangau, dll. Namun, sekarang batik yang satu semarangan mulai merangkak menyaingi batik lainnya. Memang kalau membahas yang namanya batik tak akan ada habisnya, karena batik Indonesia sangat beragam motifnya. Kita harus bangga punya batik, we love batik.

Baca juga:

6 Budaya Indonesia yang Diklaim Negara Tetangga


Terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul Mengenal Batik Khas Semarangan, semoga bermanfaat
.


    Katherina Phillips
    Art AjaibUpdated: 3:42 PM

    0 komentar:

    Post a Comment

    Silahkan berkomentar, sekarang giliran anda berpendapat
    mengenai ulasan artikel diatas

    Popular Posts

    Recent Posts

    Powered by Blogger.
    Back To Top