Pengelompokkan Musik di Berbagai Belahan Dunia

Pengelompokkan Musik di Berbagai Belahan Dunia -Musik dikelompokkan berdasarkan teknik, gaya, tema, dan konteks. Secara umum dibagi menurut kegunaannya yaitu ada 3:

Musik Seni
Atau musik serius, adalah jenis musik yang mengacu pada teori bentuk musik klasik eropa. Musik jenis ini tidak termakan oleh waktu sehingga tetap eksis hingga kini, komponis yang terkenal contohnya Beethoven, Mozart, dsb. 

Musik Klasik
Bagian dari musik seni, musik klasik biasanya diidentikan dengan musik klasik eropa, walau sebenarnya juga ada yang dari Persia dan India. Perbedaan mendasar antara musik klasik eropa dengan non eropa adalah kalau yang dari eropa segala ornamen, tempo, ritme, dsb diatur ketat. Sedangkan musik klasik non eropa terdapat improvisasi dan ornamentasi ad libitum. 


Musik Populer
Musik ini mudah sekali di belahan dunia manapun, karena sesuai dengan perkembangan zaman dan mudah diterima orang awam. Mudah pula dipelajari karena aturan aturan pada musik ini sangat sedikit.

Jazz
Musik yang tumbuh akibat adanya percampuran musik blues, ragtime, dan musik eropa. Improvisasi sangatlah penting dalam musik jazz, namun tidak boleh diulang 2 kali karena sifatnya yang penuh kejutan.

Gospel
Genre musik yang didominasi oleh vokal, dan kebanyakan bersifat kristiani. Awalnya diperkenalkan oleh orang kristen berkulit hitam di Amerika.

Blues
Diperkenalkan juga oleh orang Afrika di Amerika, ciri khas blues terletak pada vokal yang serak dan berat saat melantunkan nada-nada yang terkesan seperti berbicara dengan berkeluh kesah, selain itu suara gitarnya terdengar seperti meraung-raung.

Rock
Tahun 60-an tema dari musik rock n' roll biasanya mengenai romantika remaja, tahun 70-an berkembang menjadi musik rock (keras) yang lebih ritmis dan menghentak. Rock berkembang lagi menjadi hard rock yang lebih keras.


Hip Hop
Berkembang tahun 70-an di New York, Amerika. Musiknya "ngebeat" diiringi rap sebagai instrumen utama musik ini, beatboxing, gitar, dan piano adalah sederet instrumen yang digunakan.

Metal 
Hard rock masih berkembang menjadi metal dan heavy metal yang lebih keras, dan yang paling keras adalah trash. Walau terkadang ada band yang menyanyikan lagu ini dengan kesan lambat.

Pop
Istilah pop digunakan untuk jenis musik yang ringan dan menghibur, kadang berirama pelan, kadang sangat energik, kadang juga berirama disko. 


Musik Tradisional
Musik yang hidup di masyarakat secara turun temurun, dipertahankan sebagai sarana hiburan, ritual, pengobatan, dsb. 

Latin
Musik tradisional biasanya merujuk ke daerah Amerika latin seperti Meksiko, Karibia, dsb. Musik latin punya sub genre yaitu samba.

Country
Musik tradisional ini dipengaruhi oleh musik blues, berkembang di daerah Amerika Utara (gurun) dan sering disebut musiknya para koboi, diiringi oleh gitar.

music

Terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul Pengelompokkan Musik di Berbagai Belahan Dunia, semoga bermanfaat.






Katherina Phillips
Art AjaibUpdated: 6:36 PM

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, sekarang giliran anda berpendapat
mengenai ulasan artikel diatas

Popular Posts

Recent Posts

Powered by Blogger.
Back To Top