Berbagai Kesenian dari Eropa

Berbagai Kesenian dari Eropa -Kesenian eropa mengalami perubahan sejalan dengan berubahnya waktu, berikut adalah macam-macam kesenian menurut periodenya:

1. Kesenian Yunani
Mengutamakan keindahan berdasarkan akal yang berpusat pada manusia, karena bangsa Yunani menganut polyteisme (banyak dewa) maka karya patung yang dihasilkan kebanyakan berupa figuran dewa dewi yang tampan serta cantik (antroforfisme).
Bust of Zeus

2. Kesenian Romawi
Bangsa romawi adalah bangsa yang terbuka dengan segala kebudayaan maupun agama yang ada, sehingga baik peradaban maupun keseniannya tidak banyak berbeda dengan bangsa yunani.
Colosseum

3. Kesenian Abad Pertengahan
Ketika agama katholik masuk ke dalam bangsa romawi, maka kesenian pun berubah total. Patung dan lukisan harus dibuat bertemakan keagamaan (yesus, bunda maria, dsb), dan bangunan-bangunan dibuat utamanya untuk gereja dengan sifat vertikalisme (lambang kekuasaan di atas segalanya).
the virgin of the rocks

4. Kesenian Masa Renaissance 
Renaissance berarti kelahiran kembali, segala kebudayaan abad pertengahan yang bersifat theokratis (berdasar pada aturan agama) berubah menjadi antroposentris (berpusat pada manusia). Di masa ini manusia bebas menuangkan ide nya dalam hal kesenian, dsb. Renaissance muncul pada abad ke 15 di Italia (Florence).
donatello

Terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul Berbagai Kesenian dari Eropa, semoga bermanfaat.


Katherina Phillips
Art AjaibUpdated: 3:11 PM

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, sekarang giliran anda berpendapat
mengenai ulasan artikel diatas

Popular Posts

Recent Posts

Powered by Blogger.
Back To Top