Memecahkan Teka-Teki Gerakan Tari Sufi

Memecahkan Teka-Teki Gerakan Tari Sufi -Salam sejahtera kawan pengunjung blog ini, kira-kira ada yang tahu tari sufi? Tari sufi atau disebut juga whirling dance adalah tarian ciptaan Jalaludin Rumi dari Turki pada abad ke 12 Masehi. Tarian ini mengekspresikan kecintaan terhadaap Allah SWT dan Muhammad SAW.

Molana.jpg

Bagaimana bentuk tarian ini? Tarian ini sebenarnya sederhana, hanya saja sulit untuk dilakukan. Kita diharuskan memutar badan berlawan jarum jam selama waktu yang ditentukan, gerakan ini menyimbolkan bentuk penyatuan diri dengan sang pencipta atau Allah SWT. Semakin lama gerakan tari yang dilakukan (biasanya dilakukan pria secara berkelompok) maka yang terjadi adalah mereka mengalami ekstase, atau tingkat pencapaian perasaan penyatuan dengan Tuhan.
Dance of the whirling dervishes, Konya, Turkey

Yang menarik dari tarian ini adalah mereka sanggup berputar-putar selama berjam-jam, dan ketika ditanya setelah mereka menari maka mereka menjawab "Tidak pusing kok, sudah biasa". Kira-kira butuh latihan atau ada teknik khusus ya? Nah ternyata ada jawaban untuk pertanyaan di atas!

Teknik supaya tidak pusing ketika memutarkan badan:

1. Tidak menggerakkan kepala
Seperti menggelengkan atau menganggukan kepala. Teknik ini banyak dilakukan ice skater yang biasa berputar dengan kecepatan tinggi. Teknik ini dipakai supaya mengurangi rasa pusing, dan saya sudah membuktikannya sendiri.

2.  Jangan memejamkan mata
Kata orang tua saya, saat bermain komedi putar jangan menutup mata karena akan membuat saya menjadi mual. Dan ternyata memang benar! Menjaga mata tetap terbuka lebih baik ketimbang menutup mata saat berputar.

3. Jangan melirik
Dan tips terakhir adalah jangan melirik baik ke kanan atau kiri, cobalah untuk fokus ke satu titik (tengah). Bayangkan saja, lebih pusing mana? Berputar tanpa menggerakan bola mata atau menggerakannya dengan cara melirik? Saya kira jawabannya adalah yang pertama, mungkin.

Setelah kita tahu tekniknya, adakah yang tertarik untuk mencobanya di rumah? Siapa tahu tarian ini membawa berkah bagi kita? Semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul Memecahkan Teka-Teki Gerakan Tari Sufi, semoga bermanfaat.


Katherina Phillips
Art AjaibUpdated: 10:55 PM

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, sekarang giliran anda berpendapat
mengenai ulasan artikel diatas

Popular Posts

Recent Posts

Powered by Blogger.
Back To Top