Seluk Beluk Grafitti

Seluk Beluk Grafitti -Jika kita berkeliling kota dan melihat tembok-tembok kusam yang terkadang dicoret-coret membentuk tulisan atau gambar, maka hal tersebut bisa dijuluki grafitti. Grafitti sendiri ternyata memiliki cerita yang panjang hingga akhirnya bisa seperti ini, berikut adalah perjalanannya,

Zaman purba
Pada zaman purba inilah, ternyata graffiti pertama kali muncul. Grafitti bisa ditemukan di dinding-dinding gua bermotifkan hewan-hewan seperti banteng dan gajah. Lukisan tersebut erat kaitannya dengan mistisme dan spiritualisme, dipercaya bisa meningkatkan semangat berburu.
graffiti zaman purba

Zaman Mesir Kuno
Grafitti dilukis pada dinding-dinding piramid, motif-motif mesir kuno biasanya meliputi perpaduan antara hieroglif serta lukisan para dewa dan firaun mesir. 
grafitti mesir kuno

Zaman Romawi
Ketidak puasan rakyat terhadap pemerintah zaman tersebut banyak ditumpahkan pada grafiti di bangunan kota, salah satunya ditemukan di rerutuhan kota Pompei. Lukisan tersebut berisikan sindiran terhadap pemerintah.
grafitti pompeii

Zaman Renaisans-Barok
Siapa yang tidak kenal dengan fresco, lukisan-lukisan cantik yang terdapat pada dinding gereja ini motifnya sangat luar biasa kaya, biasanya objek yang dilukis diambil dari al-kitab. Banyak sekali seniman fresco yang tersohor seperti Da Vinci dan Buonarroti.
fresko Ferapontov

Zaman Modern
Di zaman ini grafitti dibuat dengan bermacam cara seperti dengan cat semprot kaleng serta sapuan cat, grafitti diaplikasikan ke tembok-tembok kota, fungsinya pun sudah berkembang pesat. Ada yang dipakai sebagai penanda kekuasaan, sebagai simbol penolakan, sebagai hiasan, dsb.
grafitti modern

Terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul Seluk Beluk Grafitti, semoga bermanfaat.


Katherina Phillips
Art AjaibUpdated: 9:30 AM

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, sekarang giliran anda berpendapat
mengenai ulasan artikel diatas

Popular Posts

Recent Posts

Powered by Blogger.
Back To Top