Lebih Jauh Tentang Kaligrafi

Lebih Jauh Tentang Kaligrafi -Pengertian kaligrafi adalah seni menulis indah. Coba kalian ketikkan "kaligrafi" di Google, apa yang kalian dapatkan? Kaligrafi arab bukan? Tapi tahukah kalian bahwa ternyata banyak sekali jenis-jenis kaligrafi dari berbagai negara, berikut adalah beberapa contohnya,

1. Kaligrafi Islam
Kaligrafi islam terbagi menjadi 2 yaitu kaligrafi arab dan kaligrafi persia, kaligrafi arab tentu saja berisikan huruf-huruf arab yang mengandung unsur titik, garis, dan lengkungan. Kaligrafi arab bebas dikreasikan oleh sang seniman dan biasa diaplikasikan baik di kertas maupun di tembok. Sedangkan kaligrafi persia menggunakan sistem penulisan dari persia.
kaligrafi arabkaligrafi persia

2. Kaligrafi Suku Mayana
Kaligrafi ini jika dilihat sekilas nampak seperti simbol-simbol yang artistik, tapi sebenarnya ini adalah huruf-huruf suku mayana. Kaligrafi ini banyak terpampang di kuil-kuil peninggalan suku maya, bahkan kini banyak perusahaan yang memakai kaligrafi ini untuk logo-nya.
kaligrafi suku mayana

3. Kaligrafi Asia Selatan
Sesuai namanya, kaligrafi ini terdapat di daerah India, Nepal, Tibet, dll. Untuk kaligrafi india biasanya ditulis di daun sebagai inkripsi, sedangkan untuk kaligrafi Nepal dan Tibet biasanya dibuat untuk penyebaran agama budha.
kaligrafi india

4. Kaligrafi Asia Timur 
Siapa yang tak kenal dengan tulisan dari Cina? Tulisan ini juga masuk sebagai kaligrafi, kaligrafi Cina terus berkembang dari dinasti ke dinasti. Bahkan tekniknya pun terus berkembang, dan kaligrafi ini juga mempengaruhi negara-negara di sekitarnya. Coba bandingkan tulisan Cina dan Jepang, hampir mirip kan? Ini semua karena tulisan Jepang mendapat pengaruh dari Cina.
kaligrafi cinakaligrafi jepang

Selain itu masih banyak lagi kaligrafi-kaligrafi dari berbagai negara. 

Terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul Lebih Jauh Tentang Kaligrafi, semoga bermanfaat.


Katherina Phillips
Art AjaibUpdated: 3:30 PM

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, sekarang giliran anda berpendapat
mengenai ulasan artikel diatas

Popular Posts

Recent Posts

Powered by Blogger.
Back To Top