Seni Menumpahkan Warna di Atas Kulit

Seni Menumpahkan Warna di Atas Kulit -Pernah kah anda terpikir untuk mecoret-coret tubuh anda? Ternyata hal seperti itu ada dan dinamai body painting. Apa itu body painting? Body painting adalah salah satu teknik melukis, memakai kuas dan cat yang tidak permanen yang disapukan di tubuh manusia.

Menurut kategorinya, body painting dibagi menjadi tiga menurut area yang dilukis yaitu,

1.Melukis wajah, atau biasa disebut face painting. Teknik ini biasa dipakai untuk make up karakter dalam film atau pun saat festival.
face painting

2. Melukis tubuh, yang pasti yang dilukis adalah seluruh tubuh kecuali wajah. 
body painting

3. Melukis tangan, para seniman biasanya melukis tangan manusia supaya menyerupai sebuah objek. Seperti gajah, bumi, gedung, dsb. Di bawah ini adalah cara melukis tangan.

Body painting tidak hanya berfungsi sebagai penghias tubuh, seni ini dipakai di beragam negara untuk berbagai kegiatan seperti,

1. Dipakai di militer, face painting dipakai di militer untuk menyamarkan tubuh tentara saat perang. Dengan cara menyelaraskan antara warna pakaian, wajah, dan lingkungan tempat berperang.
tentara dengan face painting

2. Dipakai di ajang petinju, sering melihat petinju profesional seperti memakai topeng? Sebenarnya di antara mereka, ada yang mengaplikasikan face painting. Tujuannya adalah sebagai pelengkap kostum.
Stingtna

3. Make up artis, face painting juga dipakai oleh para artis yang memainkan film dengan pemeran berwajah aneh/lain dari yang lain. 
mad hatter di alice in wonderland

Teknik ini pun sudah banyak ditemukan di Indonesia, seperti di saat ajang festival seperti Semarang Night Carnival, Solo Batik Carnival, dsb. Tentunya body painting Indonesia memiliki khas tersendiri yang jauh lebih menarik, yaitu dipadukan dengan motif batik asli Indonesia, bangga bukan jadi orang Indonesia?
penari di semarang night carnival

*Apabila contoh gambar dirasa vulgar, mohon untuk berkomentar. Maka dengan segera akan saya ganti/hapus.


Terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul Seni Menumpahkan Warna di Atas Kulit, semoga bermanfaat.


Katherina Phillips
Art AjaibUpdated: 12:44 PM

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, sekarang giliran anda berpendapat
mengenai ulasan artikel diatas

Popular Posts

Recent Posts

Powered by Blogger.
Back To Top