Proses Pembuatan Keramik

Proses Pembuatan Keramik -Di postingan kali ini, saya akan membahas tentang teknik membuat keramik secara garis besar. Sebelumnya, keramik berasal dari kata keramikos (Yunani) yang berarti suatu bentuk dari tanah liat yang telah melewati proses pembakaran. Nah kalau sudah tahu asal-usulnya, mari kita simak cara membuatnya,

1. Bentuk keramik yang diinginkan, ada 4 teknik untuk membuatnya yaitu,

  • Teknik putar, digunakan dalam pembuatan pot menggunakan alat yang bernama hand wheel/kick wheel/electric wheel.
  • Teknik butsir, dengan menggunakn alat bernama sudip.
  • Teknik cetak, sesuai namanya keramik dibuat dari cetakan yang sudah dibuat. Oleh karena itu keramik yang dihasilkan akan sama bentuk dan ukurannya dengan keramik lain.
  • Teknik pijat, atau disebut juga pinching. Dilakukan dengan cara menjepit tanah liat menggunakan jari dengan gerakan dari bawah ke atas.
2. Setelah keramik selesai dibentuk, gores keramik dengan alat ukir seperti lidi untuk membentuk motif seperti bunga apabila diperlukan. 

3. Lanjut ke tahap 3 apabila telah selesai mendekor keramik, keringkan di tempat teduh dengan cara dikipas-kipas. Jangan dijemur di terik matahari karena akan membuat keramik retak.

4. Apabila keramik telah kering, masukkan keramik ke tungku ladang ataupun tungku lainnya untuk melewati proses pembakaran selama beberapa jam dengan suhu yang tinggi.

5. Hias kembali keramik dengan menggunakan pewarna oksida, pemilihan warna sesuai selera. Akan tetapi ada baiknya bila disesuaikan dengan motif yang tadi sudah dibentuk seperti motif flora dengan warna hijau.

6. Semprot atau celup keramik dengan lapisan kaca setelah merasa yakin dengan hiasan yang dibuat.

7. Bakar kembali dalam tungku, setelah itu angkat dan keringkan.

Nah, begitulah proses pembuatan keramik. Sangat panjang dan membutuhkan skill khusus dalam membuatnya. Di bawah ini adalah contoh-contoh hasil keramik yang dihasilkan, semoga bermanfaat.

Keramik Cina
Keramik Cina

Keramik Yunani
Keramik Yunani

Keramik Belanda
Keramik Belanda

Terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul Proses Pembuatan Keramik, semoga bermanfaat.


Katherina Phillips
Art AjaibUpdated: 2:32 PM

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, sekarang giliran anda berpendapat
mengenai ulasan artikel diatas

Popular Posts

Recent Posts

Powered by Blogger.
Back To Top