6 Budaya Indonesia yang Diklaim Negara Tetangga

6 Budaya Indonesia yang Diklaim Negara Tetangga -Selamat siang kawan Art Energic, masih ingatkah kalian dengan Reog Ponorogo yang pernah diklaim Malaysia? Nah, ternyata Reog Ponorogo cuma satu dari sekian banyak kebudayaan Indonesia yang diklaim Malaysia. Inilah 6 kebudayaan Indonesia yang pernah diklaim Malaysia alias negara tetangga:

1. Wayang Kulit
Wayang kulit merupakan kebudayaan asli Indonesia sejak zaman prasejarah. Dahulu wayang dipakai sebagai media upacara adat, namun seiring masuknya agama Hindu. Wayang pun dipermak dengan karakter agama Hindu seperti Rama dan Sinta, setelah Islam masuk wayang dipakai untuk media dakwah. Nah, kalau wayang kulit sudah ada sejak dulu, bagaimana bisa warga Malaysia mengklaim wayang sebagai budayanya?

Ini adalah cuplikan wayang kulit dalam iklan Visit Malaysia
2. Keris
Senjata tradisional yang satu ini sudah sangat mendunia, keris berasal dari pulau Jawa. Dahulu saat peperangan, orang Jawa memakai keris sebagai senjata. Menurut mitos, jika ingin membuat keris makin ampuh harus diisi dengan Jin. 

3. Batik
Batik adalah salah satu budaya yang sudah diakui UNESCO, batik adalah kain yang diatasnya terdapat beragam motif yang cantik seperti motif hewan, tanaman, geometris, dll. Perlu diingat bahwa Malaysia mengklaim motifnya, sedangkan batiknya tidak diklaim. Namun akhirnya Malaysia kalah dan harus mengakui bahwa batik memang milik Indonesia. Baca juga: Batik Malaysia vs. Batik Indonesia.

4. Reog Ponorogo
Reog Ponorogo yang berasal dari Jawa Timur ini sempat diklaim Malaysia, sempat terlihat dalam sebuah video bahwa Reog Ponorogo ditampilkan di atas panggung Malaysia dengan backsound modern. Ternyata Reog memang asalnya dari Indonesia, hal ini diakui oleh Duta Besar Malaysia di Indonesia yang meminta maaf.
 

5. Lagu Daerah Rasa Sayange
Menteri Kebudayaan, Kesenian dan Warisan Malaysia Rais Yatim sudah bertemu dengan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik. Di pertemuan itu Rais mengakui bahwa Rasa Sayange memang lagu daerah asli Indonesia, bukan Malaysia. Berikut ini adalah bait lagunya

Rasa Sayange

Reff:
Rasa sayange… rasa sayang sayange…
Eeee lihat dari jauh rasa sayang sayange

Bait:
Mana kancil akan dikejar, kedalam pasar cobalah cari…
Masih kecil rajin belajar, sudah besar senanglah diri
Si Amat mengaji tamat, mengaji Qur’an di waktu fajar…
Biar lambat asal selamat, tak kan lari gunung dikejar
Kalau ada sumur di ladang, boleh kita menumpang mandi…
Kalau ada umurku panjang, boleh kita berjumpa lagi

6. Tari Pendet
Dalam iklan pariwisata Malaysia yang menampilkan tari pendet sempat menyulut amarah warga Indonesia, namun hal itu langsung direspon Discovery Channel di Singapura selaku pembuat iklan. Dikatakan bahwa hal itu adalah kelalaian staf DC, jadi tak benar bahwa Malaysia mengklaim tari pendet. Dan tak benar pula bahwa Singapura mengklaimnya, karena tari pendet memang asli dari Pulau Dewata, Bali, Indonesia.
 

Kita sebagai warga Indonesia harus bangga dengan budaya sendiri, lestarikan selalu budaya kita.

Terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul 6 Budaya Indonesia yang Diklaim Negara Tetangga, semoga bermanfaat.


Katherina Phillips
Art AjaibUpdated: 1:22 PM

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, sekarang giliran anda berpendapat
mengenai ulasan artikel diatas

Popular Posts

Recent Posts

Powered by Blogger.
Back To Top